KORBAN BANJIR TUNTUT JANJI PEMERINTAH

Diponegoro– puluhan warga korban banjir  Cieunteung, Bale Endah Kabupaten Bandung berunjuk rasa di depan Gedung sate  senin (28/06). Dalam aksi demo kali ini, mereka menuntut pemerintah provinsi Jawa Barat agar segera merealisasikan janji-janjinya untuk mengeruk sungai Citarum agar tidak terjadi banjir di kemudian hari. Pasalnya sudah hampir Sembilan bulan warga mengungsi di Gedung Juang ,Bale endah. “Sudah enam bulan mengungsi, rumah kami terendam lumpur bekas banjir hingga tiga meter” ungkap Cecep Yusup Mulyana salah satu korban banjir  ini .Cecep yang juga sekaligus komandan operasional Baraya Bandung ini juga menambahkan bahwa pada demo kali ini mereka menuntut tiga hal. yaitu segera keruk sungai Citarum, Tolak rencana relokasi rumah dari pemerintah, dan bersihkan semua saluran yang ada di kota Bandung yang  bermuara ke sungai Citarum. Warga juga mengaku, kalau turun hujan di kota pasti di daerah mereka yang terkena banjir. “ Jadi walaupun di Bale endah tidak hujan, tapi di Bandung hujan, tetap saja banjirnya di tempat kami,makanya semua saluran di kota harus dibersihkan”ujar  Cecep lelaki yang paruh baya ini.

Sementara itu Bu Iman(56) , salah seorang warga korban banjir juga mengaku bahwa rumahnya habis terendam lumpur sejak delapan bulan yang lalu. Ibu tiga orang anak ini meminta kepada pemerintah untuk segera merealisasikan janjinya. “ kami Cuma minta Citarum dikeruk dulu, jangn Cuma hanya janji dan omong kosong belaka” ujarnya dengan nada penuh emosi. Wanita paruh baya ini sudah sangat kesal dengan pemerintah Jawa Barat yang tak kunjung merealisasikan janji-janjinya. Dia dan keluarga pengungsi lainnya juga tidak betah tinggal ditempat pengungsian. dia juga menambahkan, sakit jantung suaminya semakin parah semenjak tinggal di tempat pengungsian.

Warga jmengaku hanya mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000,- / per bulan satu keluarga dari pemerintah. “ Buat makan saja susah tiga ratus ribu sebulan” ungkap Bu Ade (55) yang rumahnya telah tenggelam lumpur ini. warga berharap agar pemerintah mau mendengar inspirasi mereka sebagai rakyatnya, dan mau memperhatikan nasib mereka. Mereka ingin hidup aman dan tentram seperti dulu. Saat ini mereka juga sangat berharap pemerintah mau membantu mereka terutama untuk memperbaiki rumah mereka yang telah rusak parah. mereka juga yakin pemerintah bisa mengatasi masalah banjir yang selama ini menimpa mereka. (Fachrul,oki /Job).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s