HTI : Tolak TDL

Diponegoro-Ratusan aktifis yang tergabung dalam ormas Hizbut Tahrir Indonesia se-Bandung Raya melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Sate, Selasa (28/06). Massa HTI ini menolak secara tegas mengenai kenaikan tarif listrik yang akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Juli mendatang.

Menurut humas HTI, Luthfi Afandi,kenaikan harga TDL tidak sesuai dengan prinsip yang benar dalam pengelolaan sumber energy nasional serta malah makin membebani kehidupan masyarakat. Sumber mineral dan energy termasuk litrik merupakan milik umum yang sebenarnya tidak boleh dikomersilkan kepada publik masyarakat.”pemerintah tidak boleh memandang itu sebagai miliknya (sumber energy-red) lalu menjual kepada msyarakat, itu persperktif yang keliru  ”ucapnya disela-sela demo. Beliau juga menegaskan bahwa menaikkan TDL bukanlah jalan yang tepat ditempuh pemerintah untuk mengurangi apa yang disebut besarnya subsidi. Cara lain yang bisa ditempuh salah satunya adalah memanfaatkan seoptimal mungkin pembangkit dual firing yang dimiliki PLN dengan menambah pasokan gas. Bila cara ini dilakukan, penghematan yang bisa dilakukan oleh PLN dibanding dengan menggunakan BBM bisa mencapai Rp 50 triliun.

Beliau juga menambahkan, bahwa pada kenyataannya hal itu bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah mengenai kebijakan porsi kouta gas untuk ekspor lebih besar daripada alokasi untuk dalam negeri. Beliau mengambil contoh pada gas Donggi-Senoro,di Sulawesi Tengah, dimana 70% gas ditetapkan untuk ekspor ke luar negeri sementara sisanya untuk dalam negeri.Hal ini jelas tidak tepat dan bertentangan dengan prinsip pengelolaan energy yang benar. “seandainya pemerintah tegas dalam membuat kebijakan dengan mengotimalkan gas untuk negeri, TDL tidak perlu dilakukan”tambahnya.

HTI disini hanya ingin menyadarkan pemerintah mengenai dampak TDL terbesar adalah PHK kepada buruh-buruh. (oki/fahrul/job).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s