Proposal Job Training



I. LATAR BELAKANG

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju ditandai dengan banyaknya media massa pada saat ini. Media massa khususnya televisi bukan saja menjadi sarana media tetapi juga berfungsi sebagai sarana sosial, budaya, ekonomi dan politik. Televisi dalam kondisi tertentu mempunyai kekuatan pengaruh yang kuat terhadap khalayaknya. Dunia televisi di Indonesia telah berkembang menjadi industri yang menjual isi program sebagai komoditas. Kebutuhan publik yang semakin kompleks secara otomatis mengundang berbagai media untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi yang lengkap, faktual dan akurat.
Akhir-akhir ini media massa di Indonesia berkembang sangat pesat, khususnya pada media elektronik. Kurang lebih 63 stasiun televisi yang terdiri dari 10 stasiun TV nasional, 39 stasiun TV swasta dan 14 stasiun TV berlangganan di antara media tersebut saling bersaing dalam mendapatkan posisi yang strategis di pasaran. Persaingan tersebut membuat media televisi saling berlomba dalam mendapatkan informasi yang bermanfaat dan menarik yang sekaligus sesuai dengan keinginan khalayak pemirsa.
Salah satu stasiun TV yang memiliki perkembangan yang sangat baik adalah Metro TV. Metro TV dalam pemberitaannya mempunyai karakter tersendiri. Sebuah TV berskala nasional yang menyajikan beragam berita yang aktual, lengkap serta terpercaya yang membuat dunia pertelevisian tanah air semakin marak.
Pada program tayangan di televisi seperti acara berita, news division menjadi salah satu divisi yang penting, karena merupakan ujung tombak apakah media tersebut dapat diterima khalayak dan mampu bertahan dalam persaingan, atau tidak. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tiap penayangan sebuah program acara berita berusaha menyajikan informasi yang lengkap, liputan yang aktual, serta memiliki ciri khas yang membedakannya dengan program acara berita pada TV lain. Berkaitan dengan hal tersebut, media televisi tidak dapat lepas dari peran reporter sebagai pencari berita. Reporter harus mampu merekam peristiwa yang mereka liput ke dalam sebuah bentuk visual sebagai ilustrasi. Dengan disertai tulisan untuk narasi atau rekaman wawancara narasumber yang menjadi aspek pendukung yang menarik, sehingga dapat dipahami oleh pemirsa sekaligus memperkuat isi berita.
Atas dasar pertimbangan yang ada dalam keprofesionalan Metro TV dalam mengemas berita, penyusun ingin melakukan Job Training di news division. Dengan melakukan Job Training di Metro TV, diharapkan dapat memperoleh pengalaman di dunia kerja yang sesungguhnya, sekaligus dapat mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, khususnya di bidang Jurnalistik.

II. TUJUAN JOB TRAINING
1. Mendapatkan pengalaman kerja bidang pemberitaan di Metro TV.
2. Melakukan proses kerja jurnalistik di Metro TV.
3. Mengetahui kinerja, peran dan fungsi seorang reporter dan kamera person di Metro TV.
4. Mengetahui manajemen redaksi pada media televisi, khususnya media televisi nasional Metro TV.
5. Mengetahui cara serta proses penayangan program siaran berita langsung di Metro TV.
6. Mendapatkan gambaran dunia kerja media yang sesungguhnya di Metro TV.

III. MANFAAT JOB TRAINING
1. Untuk mengetahui spesifikasi berita yang akan dimasukkan dalam program acara berita.
2. Menambah kemampuan dan mengetahui kinerja secara komprehensif dalam bidang pemberitaan televisi yang mencakup dunia audio visual.
3. Untuk mendapatkan pengalaman kerja di bidang jurnalistik yang nantinya dapat dipakai di dunia kerja.
4. Dapat mempraktekkan secara langsung di lapangan, teori-teori yang telah didapatkan selama berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, khususnya konsentrasi Jurnalistik.
5. Memperoleh ketrampilan serta pengetahuan baru dalam hal audio visual, khususnya di media televisi.

IV. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN JOB TRAINING
1. Waktu Pelaksanaan :
Job Training ini akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan kuliah Semester Pendek selama dua bulan, yaitu mulai tanggal 22 Juni hingga 22 Agustus 2009.
2. Tempat Pelaksanaan :
Job Training dilaksanakan di stasiun TV nasional, yaitu Metro TV
Dengan alamat :
Redaksi “Metro TV” Biro Yogyakarta
Jl. Cendana No.16, Semaki Gede, Yogyakarta 55166
Phone (0274)523167

V. RENCANA KEGIATAN JOB TRAINING
1. Ikut serta dalam kegiatan Redaksi, menjadi reporter atau kamera person dalam pembuatan berita jurnalistik seperti melakukan pengambilan gambar, merekam sebuah peristiwa, melakukan wawancara, mengolah serta memvisualisasikan informasi yang diperoleh menjadi sebuah berita.
2. Terlibat dalam proses pemberitaan di lapangan dan di dalam ruangan pada produksi program acara berita.
3. Melakukan observasi serta tanya jawab dengan pihak-pihak terkait mengenai keadaan kegiatan kerja, seluk beluk perusahaan, serta award yang telah dicapai oleh Metro TV.
4. Memberikan kontribusi dengan menyumbangkan ide-ide untuk tumbuh perkembangan media televisi, serta mentaati seluruh peraturan yang telah ditetapkan instansi yang berkaitan dengan profesionalisme kerja.

VI. PENUTUP
Demikian proposal ini disusun sebagai salah satu syarat melakukan Job Training di Metro TV. Besar harapan agar proposal ini dapat diterima dan dipertimbangkan, sehingga penulis dapat segera melakukan Job Training sesuai dengan rencana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s