OBJEK DAN METHODE PENELITIAN STATISTIK

3.1. Subjek dan Objek Penelitian

3.1.1. Subjek Penelitian

3.1.2. Objek Penelitian

3.1.3. Waktu dan Tempat

3.2. Metode

3.2.1. Metode Penelitian

Penelitian dimaksudkan menguji jawaban yang rasional  terhadap fenomena yang  menjadi identifikasi masalah dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode survei, yakni metode dengan cara pengamatan terhadap sejumlah sampel yang dianggap representasi dari suatu populasi.  Selain itu metode survei adalah penelitian yang berupaya untuk mengumpulkan data, menggambarkan dan menganalisis data yang pada dasarnya bersifat kuantitatif dengan bantuan analisis statistika yang relevan, sehingga dapat dibuat kesimpulan tentang arti dari data tersebut.

3.2.2. Definisi dan Operasionalisasi Variabel

b. Sampling

Teknik sampling digunakan teknik sampling acak distratifikasi (stratified random sampling).  Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.  Untuk menetapkan ukuran sampel, digunakan rumus SLOVIN (dalam Sevilla, et.all:, 1993:161) sebagaimana berikut ini :

keterangan:

n = Ukuran sampel

N = Ukuran Populasi

E = konstanta pemahaman sampel yang ditetapkan (dalam penelitian ini 10%)

Berdasarkan rumus tersebut diperoleh ukuran sampel penelitian sebagai berikut:

n =  92,44  dibulatkan menjadi 93 orang

Penentuan ukuran sampel dari sub populasi digunakan menggunakan rumus pembagian proporsional yang dikemukakan Alrasyid (1998:12) sebagaimana  berikut ini :

x  n  dimana  i  = 1, 2, 3, 4

Keterangan      :    Ni =  Ukuran Sub populasi ke-i

N    = Ukuran populasi seluruhnya

ni = Ukuran sampel dari sub populasi

  1. Tahap berikutnya menetapkan sampel berdasarkan kerangka sampling (sampling frame), dengan  menggunakan tabel angka random.

3.3.2. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data primer dalarn penelitian ini adalah melalui teknik observasi, tinjauan pustaka dan wawancara serta penyebaran angket.

a)    Teknik Observasi

Observasi,  yaitu mengadakan pengamatan dan pencatatan langsung terhadap  responden.  Peneliti rnelakukan peninjauan langsung ke lokasi penelitian dan mengamati obyek-obyek yang menjadi sasaran penelitian. Peneliti berharap akan dapat memahami kondisi obyektif berbagai hal yang menjadi sasaran pengamatan. Melalui teknik observasi akan diperoleh data primer dan data sekunder.

b)    Tinjauan Pustaka

Tinjauan kepustakaan, yaitu suatu usaha mengumpulkan dengan acara membaca, mengumpulkan buku-buku  literatur yang ada hubungannya dengan masalah penelitian  untuk dijadikan wacana. Tinjauan pustaka dilakukan untuk mendasari dan rnendukung proses penelitian dan pengkajian. Pada intinya tinjauan pustaka dilakukan dengan banyak membaca, membahas dan rnenyerap isi sejumlab buku, dokurnen, makalah, diktat serta referensi yang dianggap relevan dengan topik dan fokus penelitian.

c) Penelitian lapangan

Yaitu untuk memperoleh data dan informasi secara langsung, maka penelitian langsung ke lokasi yang menjadi obyek penelitian dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner untuk dijawab responden.

3.3.3. Analisis Data

Penelitian ini mengukur pengaruh yang intinya melihat kontribusi variabel-variabel bebas sebagai prediktor, terhadap variabel terikat sebagai respon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tool analisys berupa regresi korelasi. Regresi dan korelasi merupakan salah satu bagian dan ilmu statistik yang bertujuan forecasting atau prediksi. Dalam regresi dan korelasi akan tergambarkan beberapa variabel yang diduga saling rnernpengaruhi. Persamaan yang rnenggambarkan pengaruh antar variabel dinyatakan dengan persamaan regresi.

Instrumen pengumpul data adalah angket, yang berisikan sejumlah pertanyaan atau pernyataan yang diperoleh dan suatu indikator yang perlu direspon oleh para responden. Indikator merupakan ciri (sifat) khas yang terkandung atau yang dimiliki oleh suatu variabel.  Variabel merupakan suatu faktor, baik secara individu ataupun bersama-sama faktor lain memunculkan menimbulkan suatu peristiwa atau kejadian.

Secara rinci metode yang digunakan adalah survey dengan penjelasan atau explanatory survey method yaitu survey yang mencoba rnenghubungkan variabel dan menguji variabel ini (Rusidi, 1989 :15) serta menganalisis pengaruh antara variabel independen dengan dependen. Selanjutnya analisis dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif Analisis deskripti di laksanakan untuk menjelaskan karakteristik responden. sedangkan analisis kuantitatif untuk mengetahui tingkat kedalaman hubungan ketiga variabel.

Analisis kuantitatif dilakukan dengan metode statistika melalui tahapan sebagai berikut :

a.  Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur

Pertama melalui uji statistika untuk menguji tingkat kesahihan dan kehandalan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilanjutkan dengan uji normalitas terhadap instrumen yang akan dipergunakan sebagai alat pencari (capturing) data yang disebut dengan instrumen penelitian. Angket disusun sesuai dengan indikator dan variabel-variabel yang diteliti dan jawabannya sudah disediakan sehingga responden tinggal memilih. Jawaban dan responden ini berdasarkan skala Likert yaitu sebuah pertanyaan/pernyataan yang dinilai (skor). yang menunjukkan bobot jawaban dan responden.

Sebagai catatan ; untuk kuisioner sebelum diaplikasikan di lapangan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dilakukan untuk mengukur  tingkat validitas kuisioner, sedangkan uji reliabilitas dilakukan untuk mengukur kekonsistenan kuisioner. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi “product moment“, sedangkan Uji reliabilitas dilakukan dengan teknik belah dua. Rumus korelasi product moment mengacu kepada rumus yang dikemukakan Djamaludin Antjok (1995 : 137), yakni dengan rumus  :

Item yang tidak sahih dan tidak handal dikeluarkan (di drop) dari daftar angket dan tidak dipergunakan lagi. Rumus yang digunakan untuk menguji validitas butir pertanyaan adalah koefisien korelasi interval yaitu koefisien antara nilai skor jawaban butir pertanyaan dengan nilai skor totalnya. Pertanyaan dinyatakan valid, bila nilai koefisien korelasi hitung lebih besar dan nilai tabelnya, dan sebaliknya jika nilai koefisien korelasi hitung lebih kecil dan nilai tabelnya, berarti butir pertanyaan tersebut tidak valid.

Jika nilai r  hitung lebih besar dan nilai tabelnya, berarti reliabel, dan sebaliknya jika nilai r hitung lebih kecil dan nilai tabelnya, berarti butir pertanyaan tidak reliabel. Butir-butir pertanyaan yang valid dan reliabel, berarti butir-butir pertanyaan tersebut sudah bisa untuk rnengukur faktornya.

Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji normalitas. Jika sampel penelitian terdistribusi secara normal, berarti sampel rnewakili populasi  sehingga penelitian dapat dilanjuikan dengan rnenggunakan instrurnen penelitian yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Untuk mempercepat, perhitungan  dibantu dengan program excell atau menggunakan Software SPPSS Ver. 11.

b. Uji  Normalitas Data

Uji ini dilakukan untuk mengetahui apakah data yang dihasilkan berbentuk distribusi normal atau tidak,  hal ini menentukan alat uji yang akan dipakai. Jika data yang diperoleh berdistribusi normal, maka pengujian dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, sedangkan jika tidak berdistribusi normal maka digunakan statistik non parametrik. Uji distribusi normal dilakukan dengan uji Lilifors.

c. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif dilakukan dengan cara mengkategorisasikan skor-skor yang diperoleh ke dalam kategori tertentu yakni :

  1. Sangat baik
  2. Baik
  3. Cukup
  4. Tidak baik
  5. Sangat Tidak Baik

Untuk mengkategorikan penilaian responden terhadap variabel restrukturisasi dan variabel efektivitas kerja, digunakan kerangka analisis sebagaimana Tabel  3.4. berikut.

Tabel 3.4.

Kerangka Analisis Deskriptif

No. Skor  Jawaban

(a)

Frekuensi (∑item x n)

(b)

Nilai Skor (Ns)

( a x b )

Nilai Harapan (Nh)

= Jml.item x n x 5

K = (Ns/Nh)*100 %
  1. 1
  1. 2
  1. 3
  1. 4
  1. 5
Jumlah (∑)

Sumber : Hasil Penelitian, 2005. (diolah).

Keterangan :

a  =   Skor jawaban responden

b = frekuensi, diperoleh dari jumlah item pernyataan dikalikan dengan total responden yakni 93 responden.

Ns =  nilai skor,  diperoleh dari hasil kali frekuensi dengan skor jawaban

Nh =  nilai harapan, diperoleh dari hasil kali jumlah item x jumlah responden x nilai maksimal jawaban

K    =  persentase untuk kategori

Kategori diperoleh berdasarkan nilai K pada kolom 6 dalam bentuk persen (%). Nilai persen tersebut kemudian dimasukan dalam kategori sebagaimana disajikan pada Tabel 3.5.

Tabel 3.5.

Kategori Penilaian

No. Persentase Kategori  (%) Kategori
> 80 Sangat baik
61 – 80 Baik
41 – 60 Cukup
21 – 40 Tidak Baik
≤ 20 Sangat Tidak Baik

c. Analisis Regresi Korelasi

  1. Karena data yang diperoleh berupa data ordinal sedangkan regresi koorelasi mensyaratkan sekurang-kurangnya interval, maka dilakukan transfer data dari ordinal ke interval dengan methode of succesive interval.  Proses tranfer data dari ordinal ke interval dilakukan sebagai berikut :

1)      Menetapkan skor untuk item nomor tertentu.

2)      Hitung frekwensi jawaban

3)      Hitung proporsi jawaban berdasarkan frekwensi.

4)      Hitung proporsi komulatif berdasarkan proporsi jawaban responden

5)      Menghitung nilai Z  berdasarkan tabel Z normal baku

6)      Menghitung nilai density berdasarkan tabel ordinat dari kurva normal

7)      Menghitung Nilai Scale Value (SV) berdasarkan rumus :

density rendah – density tinggi

SV    =

nilai luas area tinggi – nilai luas area rendah  (pada kurva Z)

8)     Lakukan transformed scale value dengan rumus  :

Y     =   SV   +     SV Min +   1

(Nilai Y merupakan nilai interval dari tiap skor, nilai inilah yang dianalisis)

  1. Analisis Regresi Linier
    1. Menyusun Model Penduga Regresi  Korelasi

Y = a + bx + e

Dimana :

b.  Setelah koefisien regresi diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah menguji keberartian atau signifikansi dari koefisien b.  Untuk itu dipakai tes statistik dengan menggunakan uji t

,  , df = n – 2

keterangan:

koefisien regresi ke i

standar deviasi untuk koefisien regresi  ke i

i = 1, 2, 3, …. ., k

Nilai t hitung kemudian dibandingkan dengan t tabel yang diperoleh dari tabel t dengan derajat kebebasan = n – 2  kriteria uji hiposkripsinya adalah :

Jika t hitung > t tabel pada α = 0.05 maka H0 ditolak, dan H1 diterima.

Jika t hitung ≤ t tabel pada α = 0.05 maka H0 diterima, dan H1 ditolak

c.  Untuk menghitung nilai koefisien korelasi (keeratan antar dua variabel tersebut digunakan rumus :

d.  Untuk melihat persentase variabel dependen dapat diterangkan oleh variabel independen, digunakan koefisien determinasi (R2) dengan rumus :

R2 =  r x r

e.   Uji hiposkripsi (ditolak atau diterima) dengan membandingkan statistik hitung dengan distribusi tabel t untuk X dengan Y, dengan rumus :

Hiposkripsi  :

H0 :  m0 =    0

H1 :  m1 ¹   0

Kaidah keputusan : Terima H1 tolak H0 jika t hitung  > t tabel pada a  =  0,05  pada dk = n-1 (n – 1) dengan uji dua pihak (two tail test).

Untuk mempercepat perhitungan, analisis data dibantu dengan komputasi dengan menggunakan software SPSS ver 11, atau menggunakan excel, pada office 2003.

3.3.4. Jadwal Penelitian

Waktu yang diperlukan dari mulai seminar usulan Penelitian, Penelitian, hingga selesai diproyeksikan 8 (delapan) bulan mulai November 2004 s.d. Juni 2005 dengan jadwal sebagai berikut  :

Tabel 3.6.

Jadwal Penelitian

No. Tahapan TAHUN DAN BULAN
2004 2005
Nov Des Jan Peb Mart April Mei Juni Juli Agst
1 Seminar  U.P.
2 Penelitian
3 Pengolahan Data
4 Penulisan Skripsi
5 Konsultasi
6 Ujian

One response to “OBJEK DAN METHODE PENELITIAN STATISTIK

  1. salam kenal…
    Saya mau tanya tentang kategori penilaian analisis deskriptif itu gmn ya? aku melihat di blok fachry tentang caranya, tapi aku praktekin ternyata ga paham dan masih bingung. mohon di balas ya.. pleas,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s